Sejarah Prodi Informatika

Sejarah Singkat

Program Studi S1 Teknik Informatika (S1-IF) berdiri tahun 1992 di bawah institusi Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Pada tahun pertamanya S1-IF menerima 205 mahasiswa baru, dan melahirkan lulusan pertamanya pada Desember 1996. Pada tahun 2007 STT Telkom berubah menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom). Sejak saat itu S1-IF berada di bawah Departemen Informatika bersama dengan Prodi D3 Teknik Informatika.

Pada tahun 2013 Yayasan Pendidikan Telkom menggabungkan 4 Perguruan Tinggi yang dikelolanya yaitu IT Telkom, IM Telkom, Politeknik Telkom dan STISI Telkom menjadi Universitas Telkom (Tel-U). Tel-U memiliki tujuh Fakultas, salah satunya adalah Fakultas Informatika yang menaungi S1-IF bersama Prodi S1 Ilmu Komputasi dan S2 Teknik Informatika. Saat ini jumlah student bodyS1-IF adalah sebanyak 2,251 mahasiswa.

Prodi S1-IF pertama kali mendapat status terdaftar di BAN-PT pada tahun 1993. Pada tahun 2000 S1-IF mendapat akreditasi A (No. SK 006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000), dan kembali mendapatkan A pada tahun 2005 (No. SK 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005).  Kemudian pada tahun 2010, S1-IF kembali dilakukan akreditasi dan mendapat nilai B (No. SK 032/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010). Akreditasi terakhir yang berlaku sampai sekarang diberikan pada 2016, dan S1-IF kembali mendapatkan akreditasi A (SK. 0054/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2016).

Visi Misi

Visi :

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan dan riset berkelas dunia dalam bidang Informatika

Misi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berkelas dunia;
  2. Melaksanakan riset, mengembangkan dan menyebarluaskan hasil riset dalam bidang Sistem Intelegensia, khususnya Software & Data Engineering, Information System, Computation dan Telematika untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan industri;
  3. Mewujudkan peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri yang berkelanjutan dengan berbagai pihak (industri, pemerintahan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan masyarakat) dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Profil Profesional Mandiri

Lulusan dari Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Telkom diharapkan :

memiliki kompetensi yang luas dan dalam di bidang computing, memiliki tekad profesionalisme yang tinggi, dan kepercayaan diri dalam hal komunikasi dan kerjasama tim. Lulusan juga berkomitmen untuk mengembangkan diri melalui pembelajaran seumur hidup, serta menyadari prinsip-prinsip kewirausahaan di bidang computing.

Translate »