World Class University

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, pemerintah telah memberikan panduan tentang misi dari institusi pendidikan tinggi yang dikenal dengan Tri-Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan/Pengajaran, Pengabdian Masyarakat, Penelitian). Misi inisepatutnya menjadi pedoman dan panduan bagi seluruh sivitas akademik (dosen, mahasiswa, staf )dalam melaksanakan berbagai aktivitas.

Dalam dunia Internasional, mulai dikenal istilah World Class University (WCU) yang seakan-akan menjadi suatu ajang perlombaan bagi setiap institusi pendidikan untuk segera mencapai dan mendeklarasikan diri sebagai WCU. Salah satu sudut pandang munculnya WCU adalah suatu dokumen dari Bank Dunia :” The Challenge Of Establishing World-Class Univeristy” yang ditulis oleh Jamil Salmi. Suatu paradoks yang muncul dari WCU seperti yang tertulis dalam dokumen tersebut adalah:

““everyone wants one, no one knows what it is, and no one knows how to get one” (Altbach 2004).” Untuk menghindari paradoks tersebut maka kita perlu memahami makna dan esensi mejadi WCU :-). Untuk memperluas wawasan anda, berikut dokumen dari Bank Dunia :” The Challenge Of Establishing World-Class Univeristy” yang ditulis oleh Jamil Salmi WCU Salmi

“Unleash Our Potential To Achieve Our Dream”

 

Written by