SMBB Pindahan 2013

KETENTUAN PENDAFTARAN DAN SELEKSI MAHASISWA BARU PROGRAM PINDAHAN D3 KE S1

Persyaratan

1. Asal Program Studi

  • a. Program Pindahan D3 ke SI T Telekomunikasi : lulusan D3 Teknik Telekomunikasi dengan akreditasi minimal B.
  • b. Program Pindahan D3 ke SI Sistem Komputer : lulusan D3 Teknik Komputer dengan akreditasi minimal B.
  • c. Program Pindahan D3 ke SI Teknik Informatika : lulusan D3 Teknik Informatika / D3 Manajemen Informatika dengan akreditasi minimal B

2. Syarat TOEFL/ English Proficiency Test ( EPrT) 425.

3. Syarat IPK D3 minimal 3.00, masa studi D3 maksimal 3.5 tahun.

4. Ada Rekomendasi dari Dosen Wali/Pembimbing.

5. Tanggal kelulusan pada ijazah 03 tidak lebih awal dari tanggal 1 Agustus 2008.

6. Membayar biaya seieksi sebesar Rp 300.000,- ditambah 4 digit terakhir dari nomor peserta melaiui transfer ke rekening IT Telkom di Bank Mandiri KCP BDG Martadinata Nomor: 131-0095019917 .

7. Mahasiswa program pindahan tidak diwajibkan untuk menghuni asrama / apartemen.


Tahapan Pelaksanaan
1. Calon mahasiswa mengisi data di http://pindahan.ittelkom.ac.id dan mengunggah (upload) berkas- berkas yang diperlukan mulai tanggal 1 Juni 2013.

2. Sistem akan mengeluarkan kartu ujian yang berisi nomor peserta seieksi. Lembar ini harus dicetak oleh calon mahasiswa dan ditandatangi. Kartu ujian dicopy dan asli dikumpulkan bersama berkas lainnya.

3. Calon mahasiswa membayar sejumlah biaya yang ditentukan ditambah dengan 4 digit terakhir nomor peserta. Misal : nomor peserta 12114001, maka pembayaran sebesar Rp 304.001,-, untuk memudahkan pengecekan pihak keuangan. Bagi peserta yang telah membeli PIN SMBB 2013, pembayaran dilakukan sebesar kekurangan biaya.

4. Calon mahasiswa menyerahkan hardcopy dokumen ke Panitia PMB Pindahan, yang berupa :

  • a. Bukti pembayaran biaya seieksi dan bukti pembayaran pin (jika menggunakan pembayaran PIN SMBB 2013).
  • b. Kartu ujian yang telah ditandatangani
  • c. Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir, atau Surat Keterangan bahwa yang bersangkutan hanya kurang matakuliah Proyek Akhir dari Program Studi asal.
  • d. Transkrip / daftar nilai yang dilegalisir, dalam format A3.
  • e. Sertifikat TOEFL / EprT.

Bagi calon mahasiwa program SI Teknik Telekomunikasi dan Sistem Komputer, diwajibkan juga untuk melampirkan :

  • f. Surat Keterangan Kegiatan Kemahasiswaan yang sesuai dengan bidang ilmu D3 Teknik Telekomunikasi / Teknik Komputer ( misal : robotika, muatan roket, satelit, proyek / kegiatan penelitian dosen, kegiatan di lembaga implementasi seperti Bandung Technopark dan semacamnya). Surat ditandatangani Ketua Program Studi, dosen wali, dosen pembina kegiatan kemahasiswaan, dosen peneliti atau pimpinan lembaga implementasi.
  • g. Penjelasan singkat tentang proyek akhir yang dibuat, dalam format dokumen word ( doc ), A4, 1,5 spasi, maksimal 3 halaman, yang meliputi:

    – Permasalahan
    – Bagan, foto, cara kerja sistem, kesimpulan dan saran pengembangan.
    – Masukan penguji proposal dan penguji sidang.
    – Manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari
    – Kemungkinan implementasi dan pemasaran secara komersial.

  • h. Rencana tugas akhir, yang merupakan sebuah impelementasi keilmuan dan lebih disukai merupakan pengembangan dari Proyek Akhir yang dibuat. Format dan isi seperti penjelasan untuk proyek akhir.
  • i. Surat Kesanggupan dengan format yang dibuat sendiri dengan tulisan tangan dan ditandatangani di atas meterai Rp 6000,- untuk :
    – Mengikuti peraturan sebagai mahasiswa IT Telkom, termasuk penggunaan seragam, kehadiran dalam kuliah dan peraturan lainnya.
    – Mengikuti perkuliahan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan menyelesaikan perkuliahan sebagai mahasiswa Sl-TT / Sl-SK dalam waktu maksimal 5 semester. Perpanjangan 1 semester hanya berlaku jika kekurangan SKS pada semester 6 maksimal 10 SKS saja.
    – Menyetujui jumlah SKS dan matakuliah yang ditetapkan oleh program studi, yang berkisar antara 67-80 SKS.
    – Membuat tugas akhir sesuai dengan rencana yang dibuat untuk wawancara seleksi mahasiswa pindahan.
    – Jika melanggar poin 1 sampai 4, maka bersedia mundur sebagai mahasiswa meskipun tetah mengikuti perkuliahan dan tidak menuntut pengembalian biaya yang telah dibayarkan.
  • j. Rekomendasi Dosen Wali/Pembimbing.
  • k. Hasil Tes Potensi Akademik (TPA) OTO Bappenas, jika belum ada bisa mengikuti tes TPA yang di selenggarakan oleh IT Telkom dengan bekerjasama dengan Bappenas Dokumen diserahkan dalam map berwarna putih ( untuk Sl-TT), biru { Sl-SK) dan merah (Sl-IF), ke :
    – Bagian Administrasi FEK, Gedung N lantai 1 ( untuk Sl-TT dan Sl-SK)
    – Bagian Adminsitrasi FIF, Gedung F lantai 1 ( untuk Sl-IF)

5. Calon Mahasiswa mengikuti test seleksi, yaitu :

a. Sl-TT dan Sl-SK :
– Tes Potensi Akademik (TPA)
– Wawancara

Untuk Test Potensi Akademik (TPA) Bappenas dapat dilakukan sendiri, jika belum bisa mengikuti tes TPA Bappenas yang di selenggarakan oleh pihak IT Telkom yang bekerjasama dengan Bappenas dengan biaya ditanggung oleh peserta/calon mahasiswa.

b. Sl-IF :
– Tes Akademik
– Wawancara

Untuk Tes Akademik dilaksanakan di Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada tanggal 7 Juli 2013. Adapun test akademik adalah :
* Test Kemampuan Penalaran 1,5 jam
* Test Kemampuan Akademik 1,5 jam (Dasar Pemrograman (Algoritma dan Pemrograman Berorientasi Objek), Basis Data dan Sistem Informasi, Arsitektur dan Organisasi Komputer, Sistem Operasi).

6. Panitia akan mengumumkan kelulusan tes tertulis melalui email dan SMS, dan jadwal wawancara.

7. Calon mahasiswa melaksanakan wawancara di kampus IT Telkom dan melalui telepon bagi peserta dari luar jawa barat, pada jadwal yang ditetapkan.

8. Panitia akan mengumumkan kelulusan wawancara, dan tes lainnya.

9. Calon mahasiswa melakukan registrasi mahasiswa baru Pindahan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh IT Telkom.


Persyaratan registrasi untuk mahasiswa yang lulus seleksi

1. Membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan yang ditetapkan untuk program studi SI yang dituju.2. Melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.p>

3. Menyerahkan copy bukti kelulusan dari program studi asal (ijazah atau Surat Keterangan Lulus ) dan menunjukkan asli dokumen.


Tanggal Penting
1. 28 Juni 2013: batas akhir pengisian data online, pembayaran biaya seleksi dan pengumpulan berkas hardcopy ke Panitia.

7 Juli 2013 Tes Akademik untuk mahasiswa yang memilih S1-IF

2. 13 Juli 2013: pengumuman jadwal wawancara. Bagi peserta yang program studi asal berdomisili dari luar Jawa Barat, wawancara dapat dilakukan melalui telepon.

3. 15-17-Juli 2013: wawancara, sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

4. 19 Juli 2013: pengumuman akhir kelulusan mahasiswa program pindahan.

5. 22-26 Juli 2012: Registrasi mahasiswa on-site (wajib hadir) dan penyerahan bukti pembayaran biaya pendidikan, sesuai jadwal per program studi.


Contact Person
1. Sl-TT: Kaprodi SI T Tetekomunikasi (087824836674), Sekprodi Sl-TT (08997828981).

2. Sl-SK: Kaprodi Sl-SK (08562198087).

3. S1-IF: Kaprodi SMF (022-76024124), Sekprodi Sl-IF (08121491429).

 Informasi mengenai SMBB Pindahan 2013 dapat dilihat pada link berikut : SMBB Pindahan 2013 dan Poster SMBB 2013 S1-IF

Bila membutuhkan informasi lain silahkan menghubungi:
Fakultas Informatika IT Telkom
Gedung F
Telepon: 022-7565931
Email: kaprodis1if@ittelkom.ac.id atau sekprodis1if@ittelkom.ac.id